Asesmen Madrasah (AM)

Kota Cirebon, Senin (22/04/2024)

Mts Salafiyah Kota Cirebon gelar Asesmen Madrasah (AM) 2024 di ruang kelas MTs Salafiyah hari ini Senin (22/4/2024)

AM ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas IX. Total 71 peserta didik yang terdiri dari 33 peserta laki-laki dan 38 peserta perempuan terbagi dalam 4 ruang kelas.

Asesmen Madrasah merupakan program penilaian mutu pendidikan Madrasah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Penyelenggaraan AM diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

Asesmen Madrasah adalah Asesmen Sumatif yang diselenggarakan untuk peserta didik kelas akhir jenjang madrasah. Tujuan diselenggarakannya Asesmen Madrasah adalah mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang sudah ditetapkan.

Pada Asesmen Madrasah tahun ini metode yang digunakan masih sama seperti tahun sebelumnya sejak masa pandemi, yakni menggunakan metode CBT (Computer Based Test), dimana siswa menggunakan aplikasi pada android masing-masing untuk mengerjakan soal yang telah disediakan dan bagi siswa yang tidak memegang android disediakan ruang di Laboratorium Komputer milik madrasah.

Mata Pelajaran yang diujikan pada Asesmen Madrasah Tahun 2024 ini adalah semua Mata pelajaran kelas IX. Setiap mata pelajaran diberi waktu 120 menit untuk menyelesaikan soal. Sesuai jadwal, AM dilaksanakan dari tgl 22 s/d 27 April 2024.

Kepala Madrasah (Kamad) MTs Salafiyah Kota Cirebon Hj.Uul Ulfiyah, S.Ag dalam arahannya pada hari pertama pelaksanaan menyerukan agar focus dan menjaga kesehatan selama masa ujian, “Kalian harus menjaga kesehatan dan tetap fokus dalam menghadapi Asesmen Madrasah ini, baik dalam hal menjawab soal maupun menaati seluruh tata tertib, sehingga pelaksanaan Asesmen Madrasah dapat berjalan lancar, aman dan sukses sekaligus meraih prestasi membanggakan,” pungkasnya.

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *