Pembiasaan MTs Salafiyah


MTs Salafiyah Kota Cirebon: Membangun Karakter melalui Sholat Duha dan Pembacaan Al-Waqiah

Pendidikan adalah upaya menyeluruh dalam membentuk karakter dan spiritualitas individu. Di antara sekolah yang mendedikasikan diri untuk tidak hanya memberikan pengetahuan akademis tetapi juga membentuk karakter siswa adalah MTs Salafiyah Kota Cirebon. Sekolah ini menghadirkan serangkaian program yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan spiritual dan akademis siswa.

Salah satu program unggulan yang dilakukan oleh MTs Salafiyah Kota Cirebon adalah pembiasaan melaksanakan sholat Duha berjamaah antara guru dan siswa sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Setiap hari aktif belajar, kecuali hari Senin yang diwujudkan sebagai hari upacara pengibaran bendera, seluruh siswa dan guru berkumpul untuk melaksanakan sholat Duha. Selain itu, mereka juga melaksanakan sholat Zuhr berjamaah, menegaskan komitmen sekolah ini terhadap pembentukan spiritualitas yang kuat.

Kegiatan ini tidak hanya memperkuat ikatan antara guru dan siswa tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk memulai harinya dengan penuh keberkahan. Dalam konteks ini, Hj. Uul Ulfiyah, S.Ag., Kepala MTs Salafiyah Kota Cirebon, menjelaskan bahwa program sholat Duha dan Zuhr berjamaah telah menjadi bagian integral dari upaya sekolah untuk membentuk karakter siswa.

Selain sholat Duha dan Zuhr berjamaah, sekolah ini juga menekankan pentingnya membaca Surah Al-Waqiah pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Surah ini dipilih karena memiliki keutamaan tersendiri dalam ajaran Islam dan dianggap dapat membawa berkah bagi para pembacanya. Sementara itu, pada hari Jumat dan Sabtu, para siswa diajarkan untuk membiasakan diri dengan doa istighosah, sebuah doa memohon perlindungan dan petunjuk dari Allah SWT.

Pembiasaan ini, menurut Hj. Uul Ulfiyah, S.Ag., bukanlah hal baru di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Program-program ini telah berlangsung selama beberapa tahun sebagai bagian dari usaha sekolah untuk membentuk karakter siswa secara holistik.

“Kami percaya bahwa pendidikan sejati tidak hanya terbatas pada transfer pengetahuan tetapi juga melibatkan pembentukan karakter yang kuat dan spiritualitas yang mendalam. Melalui program-program ini, kami berkomitmen untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga berkarakter mulia,” ujar Hj. Uul Ulfiyah.

Dengan mengintegrasikan kegiatan keagamaan seperti sholat Duha, sholat Zuhr berjamaah, pembacaan Surah Al-Waqiah, dan doa istighosah ke dalam kurikulum harian mereka, MTs Salafiyah Kota Cirebon membuktikan bahwa pendidikan Islam dapat menjadi wahana untuk membentuk individu yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Semoga program-program ini terus berlangsung dan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan siswa di masa depan.

Related Images:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *