Pawai Haul 2024

Cirebon, Selasa (7/5/2024) – Yayasan Salafiyah Cirebon (YSC) hari ini menggelar pawai dan arak-arakan meriah untuk memperingati Haul ke-29 pendiri yayasan Almaghfurlah KH Suud dan Ny. Hj. Khodijah. Acara tersebut menjadi momen penting bagi seluruh komunitas pendidikan yang bernaung di bawah YSC, termasuk Roudhatul Athfal (RA) Salafiyah, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah, dan Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah.

Pawai yang dikawal pihak kepolisian dari sektor setempat itu dimulai dari halaman Madrasah Tsanawiyah Salafiyah dan menempuh rute melalui Jalan Evakuasi, Kalitanjung, Kanggraksan, By Pass, kemudian kembali ke Jl Evakuasi sebelum berakhir di halaman MTs Salafiyah. Peserta dari berbagai tingkatan pendidikan membawa semangat dan keceriaan dalam arak-arakan tersebut.

Keberagaman peserta pawai terlihat jelas, dengan siswa-siswi dari RA Salafiyah yang berada di baris depan, naik odong-odong yang lucu dan menarik. Diikuti oleh siswa-siswi pembawa bendera kemeriahan lalu siswa siswi MI Salafiyah kelas 1 dan 2, serta siswa-siswi kelas 3 MI Salafiyah hingga kelas 12 dari MTs dan MA Salafiyah, membawa atribut-atribut arak-arakan yang membanggakan.

Tampilan marching band oleh siswa Madrasah Aliyah Salafiyah menjadi salah satu sorotan utama dalam arak-arakan ini. Dengan musik yang menghentak dan gerakan yang teratur, mereka menambahkan nuansa kegembiraan dan semangat pada acara tersebut. Tidak ketinggalan, komunitas siswa dari semua tingkatan ikut serta dalam iring-iringan, memberikan warna dan keceriaan yang tak terlupakan.

Menurut koordinator pawai, H. Abdul Muiz, arak-arakan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Haul pendiri yayasan yang diadakan setiap tahun. Setelah sempat vakum di masa pandemi, kegiatan ini kembali digelar dengan semangat untuk mensosialisasikan pendidikan Islam yang dikelola oleh YSC kepada masyarakat sekitar.

Ketua Yayasan Salafiyah Cirebon, Bpk H. Idham Kholid, turut hadir dalam arak-arakan tersebut bersama kepala-kepala madrasah yang berada di bawah naungannya. Beliau menyampaikan harapannya dalan kata sambutannya agar masyarakat sekitar dapat lebih mengenal lembaga pendidikan Islam yang ada di lingkungan mereka. “Peserta didik dibawah yayasan salafiyah harus  menunjukkan akhlak mulia ditengah masyarakat dan berani berkompetisi di bidang akademik ”  tandasnya. Beliau melanjutkan adik-adik semua  kelak harus dapat memberi manfaat kepada sesama, karena sebaik-baik kamu adalah ia yg lebih bermanfaat kepada sesamanya” pungkasnya.

Partisipasi aktif dari seluruh komponen YSC dalam acara ini menunjukkan kesungguhan mereka dalam mempromosikan dan mengembangkan pendidikan Islam di Cirebon. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya pendidikan Islam dan memilih lembaga pendidikan yang tepat untuk putra-putri mereka.

 

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *