Peringatan Hardiknas 2024 MTs Salafiyah Kota Cirebon

MTs Salafiyah Kota Cirebon Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Pendidikan Nasional 2024

Cirebon, 2 Mei 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Kota Cirebona mengadakan upacara bendera yang berlangsung khidmat di halaman madrasah pada Kamis (2/5/2024) pagi ini. Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan dari madrasah tersebut.

Upacara dimulai tepat pukul 07.30 WIB dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Nurul Keysha Putri, siswi kelas 8, bertindak sebagai pemandu upacara, sedangkan Ridho Nugraha dari kelas 9 mengatur jalannya upacara. M. Fawwaz Murabbi,  dari kelas 8, mengemban tugas sebagai pemimpin upacara.

Hadir sebagai pembina upacara, Kepala Madrasah Hj. Uul Ulfiyah, S.Ag., memimpin jalannya upacara dengan penuh wibawa. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan seluruh siswa khususnya kelas 7 dan 8 untuk mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang sudah semakin dekat. Sementara itu, siswa kelas 9 diingatkan untuk mulai mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, Hj. Uul Ulfiyah juga membacakan teks pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang menyerukan dukungan pada gerakan Merdeka Belajar. Ini merupakan inisiatif yang sedang dikembangkan oleh kementerian untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih fleksibel dan menyenangkan bagi siswa dan pendidik di Indonesia.

Dalam pidatonya, Menteri Pendidikan menyatakan, “Saat ini anak kita berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Dan saat ini kita juga melihat guru berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapat kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-murid mereka.”

Pidato tersebut juga menyoroti peran serta mahasiswa yang kini lebih berdaya dan berkontribusi dalam berbagai bidang karena kebebasan yang lebih besar dalam proses pembelajaran mereka. Para seniman pun, seperti yang diungkapkan, semakin berani berekspresi dan berkontribusi pada kemajuan dunia seni.

Di akhir amanatnya, Hj. Uul Ulfiyah berjanji, “Kita akan menerapkan kurikulum Merdeka ini di tahun ajaran baru mendatang, insya Allah.” Ini menandai langkah maju bagi MTs Salafiyah Kota Cirebon dalam mengikuti arus pembaharuan pendidikan yang sedang dicanangkan oleh pemerintah.

Kegiatan upacara ini tidak hanya sebagai seremoni rutin, tetapi juga sebagai momen refleksi dan motivasi bagi seluruh komunitas madrasah untuk terus bergerak maju dan berkembang di dunia pendidikan. Upacara diakhiri dengan doa bersama, berharap agar seluruh siswa dapat sukses dalam menempuh pendidikan mereka dengan penuh persiapan.

 

 

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *